Beragam Berita Terkini

Minggu, 12 Maret 2017

Teror Hantu Keranda Terbang

Teror Hantu Keranda Terbang Pagebluk 



Selamat Sore para pembaca setia Cerita-Jurig, Pada artikel kali ini kita akan menceritakan tentang cerita misteri berdasarkan Informasi dari warga sekitar yang mengalami kejadian.

Pagebluk menurut istilah orang-orang jawa tempo dulu yang artinya  musim datangnya wabah penyakit mematikan yang akan melanda suatu desa atau wilayah. Ketika musim pagebluk sedang melanda suatu desa, Maka akan ditandai dengan kematian warga desa setempat yang terjadi hampir setiap hari susul menyusul secara rutin.

Biasanya pada malam harinya warga sering ditandai dengan melihat keranda mayat berjalan sendiri yang diiringi bunyi sholawat suara tanpa rupa (GHAIB) serta bau minyak wangi orang mati. Konon Keranda mayat itu akan mendatangi rumah calon korban selanjutnya di tengah malam hari.

Masyarakat jawa kuno mempercayai bahwa pagebluk ini akibat ulah “Betoro Kolo” atau dewa maut jahat. Dia menebarkan penyakit ke manusia yang berakibat kematian masal secara berkelanjutan. Pagebluk ini bisa dicegah dengan cara melakukan ritual selamatan “tolak balak” yang artinya menolak sengkala atau penyakit. Atau bisa juga di cegah dengan cara “melekan” alias tidak tidur sebelum lewat tengah malam.

Biasanya keranda mayat tersebut akan muncul di tengah malam dan mendatangi rumah orang-orang yang menjadi sasaran korbannya. Beberapa hari berikutnya maka salah satu penghuni rumah tersebut akan jatuh sakit dan kemudian akan meninggal dunia.

Setelah itu keranda mayat akan mendatangi rumah-rumah lainnya untuk mencari korban berikutnya hingga akhirnya banyak warga yang sakit dan berujung pada kematian.

Konon hantu pagebluk bisa dicegah dengan cara melek mata hingga lewat tengah malam, Hantu pagebluk berwujud keranda mayat berjalan sendiri akan mengelilingi desa setiap tengah malam untuk menambah korban. 

Biasanya selalu diawali dengan suara sholawat seperti orang-orang yang mengantarkan jenazah ke kubur disertai bau harum minyak srimpi, dan selanjutnya keranda mayat berjalan tanpa diusung manusia tersebut akan berjalan melintas.

Jika keranda mayat tersebut hendak mampir ke rumah orang yang sedang melek, maka orang tersebut bisa mengucapkan salam dan melarang keranda mayat masuk ke halaman rumahnya. Sehingga hantu pagebluk akan membatalkan kunjungannya ke rumah tersebut dan akan mencari rumah lain yang penghuninya sudah tertidur sebelum tengah malam.

Pada saat sekarang ini kepercayaan sudahlah hilang, Biasanya orang-orang jawa modern menganggap wabah penyakit yang mengakibatkan kematian masal dianggap hal biasa, seperti wabah demam berdarah, wabah malaria, dan wabah kematian lainnya.

Demikianlah cerita mengenai Pohon yang di huni makhluk Ghaib, Semoga apa yang kami informasikan pada artikel edisi Misteri ini dapat menambah wawasan untuk anda semua, Tetap Kunjungi Planet Mimpi untuk mendapatkan informasi seputar artikel Misteri lainnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari

Mati Suri

 Kisah Tentang Mati Suri   Sahabat, membahas soal mati suri. bagi sebagian besar orang, mati suri masih menjadi misteri yang menyim...

Cari Blog Ini